Landasan Teoritis Multimedia Pembelajaran

Landasan Teoritis Multimedia Pembelajaran

 Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat si penerima pesan. Di dalam proses penyampaian informasi ini dengan menggunakan saluran (media) maka komunikan akan menerima informasi/pesan tersebut melalui kelima panca inderanya (penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan pengecap).

 Multimedia adalah suatu media yang menggabungkan beberapa unsur media seperti media yang terbuat dari teks, grafik, gambar, foto, dan animasi secara terintegrasi. 

Klasifikasi Multimedia Pembelajaran:

 a. Multimedia liniear Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. contohnya TV, Film dan lain-lain.
 b. Multimedia Interaktif Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. seperti contohnya aplikasi game dll.

 Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktivitas belajar dan pembelajaran adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat merubah perilaku siswa.

 Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. 

Kelebihan Multimedia pembelajaran: 
1. Pembelajaran yang berlangsung lebih inovatif dan interaktif. 
2. Media teks, gambar, audio, musik, animasi, dan gambar/vidio merupakan satukesatuan yang saling mendukung.
 3. Dapat menambah motivasi peserta didik dalam melakukan pembelajaran selama proses belajar berlangsung.
 4. Mampu memvisualisasikan materi pembelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh peserta didik. 
5. Melatih pembelajaran lebih mandiri.

Komentar

  1. Assalamualaikum
    Tulisan anda tentang landasan teoritis multimedia pembelajaran sangat menarik. Saya hanya ingin menambahkan tentang ciri-ciri multimedia lineir dan interaktif
    Ciri-ciri dari multimedia lineir :
    · Sederhana
    · Bersifat logical
    · Ideal untuk produk yang kecil

    Ciri-ciri multimedia interaktif
    · Ada unsur interaktif didalamnya
    · Pengguna menentukan apa, kapan dan bagaimana konten
    ditampilkan

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Media pembelajaran memainkan peran yang cukup penting untuk mewujudkan kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Peran media pembelajaran sama pentingnya bagi pendidik dan peserta didik.Rahmasari dan Dengan media pembelajaran, pengajar dapat memberikan materi yang akan diajarkan, dan peserta ajar dapat mengetahui bahan pelajaran yang akan dipelajarinya.Selain itu, media pembelajaran menjadi suatu penghubung antara pengajar dan peserta ajar. Pengajar dan peserta ajar memiliki satu bahan acuan yang sama sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan baik.

    BalasHapus
  4. Iya memang benar yang di katakan sodari yeni dengan melakukan pembelajaran menggunakan media proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien, dan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

    BalasHapus
  5. multimedia pembelajaran sangat diperlukan dizaman teknologi canggih ini. salah satu kegunaan dari multimedia pembelajaran adalah dapat mengkomunikasikan materi yang disampaikan dengan baik dan menarik. saya ingin bertanya apakah ada kekurangan dari multimedia pembelajaran?

    BalasHapus
  6. Jelas ada setiap pembelajaran yang kita lakukan menggunakan media ataupun tidak pasti ada kelebihan dan kekurang masing-masing, kekurang multimedia antara laian , Biaya relative mahal untuk tahap awal, Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan,Belum memadainya perhatian dari pemerintah.

    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

    BalasHapus
  7. Saya mencoba menjawab pertanyaan dari dina disini menurut saya kekurangan dari multimedia yaitu jika kita salah dalam memasukkan konsep pembelajaran maka materi yang kita sampaikan akan membuat siswa kebinggungan dan salah penapsiran

    BalasHapus
  8. Iya benar pendapat dari sodari junaini, sebagus apapun medianya tapi jika guru dalam penyampaiannya kurang baik media tersebut tetap saja tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi tersebut.

    BalasHapus
  9. Terima kasih selvi, informasinya sangat membantu..
    Saya ingin bertanya krn ad yg belum saya pahami,
    Salah satu kelebihan multimedia yaitu melatih pembelajaran lebih mandiri, bagaimana maksuda dari penjelasan tersebut?

    BalasHapus
  10. Baiklah saya akan menjawab pertanyaan dari sodari deby
    Jonhson (2009) menyebutkan bahwa pembelajaran mandiri itu adalah suatu proses belajar yang mengajak siswa melakukan tindakan mandiri yang melibatkan terkadang satu orang, biasanya satu kelompok. Tindakan mandiri ini dirancang untuk menghubungkan pengetahuan akademik dengan kehidupan siswa sehari-hari secara sedemikian rupa untuk mecapai tujuan yang bermakna.
    Jadi dengan menggunakan media secara tidak langsung kita mengajarkan kepada siswa untuk belajar dengan mandiri yaitu dengan fokus kepada media pembelajaran, fokus mendengarkan atau melihat informasi yang tertuang di dalam media, dan mengajarkan mereka untuk menyimpulkan informasi apa saja yang mereka dapat dari media tersebut, dengan begitu pembelajaran mandiri dapat berlangsung

    BalasHapus
  11. Trimakasi sodari gisela dari ciri-ciri yang anda berikan terlihat jelas bahwa media linear dan interaktif bermanfaat sekali untuk guru maupun peserta didik, karna bisa dapat membantu guru dalam menjelaskan materi dan membantu siswa untuk memahami materi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer